Megahnya Air Terjun Tirtosari di Magetan

foto : telusurindonesia
Air terjun Tirtosari via telusurindonesia.com

Masih satu kawasan dengan Telaga Sarangan di Magetan yang sudah terkenal, belum banyak wisatawan yang tahu keberadaan air terjun Tirtosari. Untuk menuju ke air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini, kita harus menempuh perjalanan sekitar 1-2 jam dengan berjalan kaki menyusuri persawahan warga dan jalan setapak yang naik turun.


Kalau sebelumnya Sahabat Mae sudah baca curhatan postingan Mae sebelumnya tentang Telaga sarangan, nahh sekarang Mae akan lanjutkan cerita ini. Cerita penuh kenangan yang sebenarnya ingin dilupakan :)

Mengitari bibir Telaga Sarangan, kita akan mendapati penunjuk arah ke Air Terjun Tirtosari. Berhubung sudah jauh-jauh ke Magetan, tidak ada salahnya untuk mampir sekalian ke air terjun ini. 

Tapi ternyata, ke Air Terjun Tirtosari bukanlah "mampir". Meskipun lokasinya masih satu kawasan, pengunjung harus menempuh jalan berliku naik turun dan jaauuuuuhhhh. Oke, ini bukan lebay, tapi bagi Mae, emang beneran jauh.


Mungkin karena ekspektasi Mae yang berlebihan yaa.. Ga pernah browsing sebelumnya dan ga ngerti seperti apa Air Terjun Tirtosari. Jadi Mae tidak punya persiapan dan gambaran. Pokoknya waktu itu jalan kaki sekitar satu jam lebih. Walaupun sepanjang jalan penuh kegembiraan, menikmati pemandangan sawah sambil bernyanyi, tapi kaki Mae tetap pegal, huhuhu.

Ketika sampai di lokasi air terjun, we o we, WOW! MEGAH! Tingginya sekitar 50 meter dengan debit air yang tinggi. Kondisinya ramai sekali. Ada juga beberapa orang yang berkeliling membawa kipas. Ternyata mereka adalah penjual sate kelinci yang menawarkan wisatawan untuk berkunjung ke kedai mereka di tepi air terjun. Para penjual sate ini juga terlihat sudah paham dunia wisata. Mereka dengan ramah mengajak pengunjung berbincang dan dengan senang hati membantu memotret.

Fasilitas di kawasan wisata ini cukup memadai. Toilet dan tempat ibadah tersedia di beberapa titik, termasuk di sepanjang jalur trekking. Jangan khawatir perut keroncongan, selain sate kelinci, di sini tersedia banyak kedai penjual makanan, mulai dari cemilan ringan sampai menu utama seperti soto dan nasi kucing. Harga yang ditawarkan pun masih rasional.


Tiket masuk ke Air Terjun Tirtosari sebesar Rp.15.000 sudah termasuk bumi perkemahan dan area outbond yang memang lokasinyatidak jauh dari air terjun. Sahabat Mae jangan lupa ya untuk tetap menjaga kebersihan dan utamakan keselamatan saat wisata. 
Dan tentu saja, jangan lupa bahagia ya :)
Megahnya air terjun Tirtosari ini juga bisa dilihat dalam video berikut ini,




19 komentar:

  1. Waow. . Air terjunnya bertingkat - tingkat ya, wah kudu kesini nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya tingkat-tingkatnya buatan.. jadi ngga terkesan nature yaa

      Hapus
  2. Br tau kalo di Magetan ada air terjun seindah ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belum banyak yang membahas air terjun ini di social media, kak

      Hapus
  3. Wah saya yg tinggal di magetan aja blom sempet kesana..nice info..😉

    BalasHapus
  4. Wah saya yg tinggal di magetan aja blom sempet kesana..nice info..😉

    BalasHapus
  5. Wah air terjun nya keren banget. Baru tau kalo satu kawasan sama telaga sarangan mba. Cuma musti 1 jam jalan kaki ya? Duh peer banget pas perjalanan pulang kayak nya. Hehe

    BalasHapus
  6. iyaa.. jangan lupa bawa balsem otot buat pijit-pijit betis ditengah jalan, hihi

    BalasHapus
  7. Nonton videonya dah bisa mewakili ikut jalan ke air terjun mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan ngga pegel-pegel kakinya yaa, hehe

      Hapus
  8. Waow, jebulnya itu di Magetan tow,

    BalasHapus
  9. baru pernah lihat air terjun seperti itu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah lihat langsung belum kak? megaaahh

      Hapus
  10. Aku bolak-balik magetan belum pernah kesini...

    Pengen jajal nek liburan mbak mae

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu kisahnya klo udah kesini yaaa

      Hapus