Kuliner Khas Betawi : GEMBLONG

gemblong

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang sangat berlimpah. Selain rasanya lezat, setiap daerah memiliki beberapa penganan unik yang khas. Seperti di Jakarta, ada kuliner tradisional yang sudah langka, bernama GEMBLONG.


Gemblong versi tanah betawi ini merupakan penganan berbahan dasar ketan putih yang dicampur parutan kelapa muda. Rasanya gurih lembut di dalam dan manis renyah di luar. Ini karena bagian luar gemblong diselimuti gula merah. Proses pembuatannya cukup sederhana. Campur ketan putih (atau ada yang menggunakan tepungnya), kelapa muda parut, santan, garam dan tepung kanji. Bentuk adonan menjadi bulat lonjong. Kemudian goreng di minyak panas sampai kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Untuk lapisannya, cairkan gula aren atau gula merah. Lumuri gemblong dengan gula cair, lalu diamkan sampai dingin dan gula mengeras. Taraa! Gemblong siap dinikmati.

Kuliner ini dapat ditemukan di pedagang kue dan jajanan tradisional. harganya berkisar antara 1000 – 5000 rupiah tergantung besar kecil ukurannya. Pada era modern ini, tidak semua pasar menyediakan penganan lezat ini. Keberadaan gemblong mulai langka. Jika generasi muda tidak mencintai kekayaan kuliner bangsa sendiri, bukan tidak mungkin nasib kuliner tradisional akan punah. Sayang sekali ya? Yuk, kembali kita konsumsi kuliner tradisional lagi!

Pertama kali ditayangkan di http://backpackerjakarta.com/gemblong-khas-betawi/






2 komentar:

  1. aku doooonk udh nyoba soto betawi....
    tapi di bandung XD

    BalasHapus
  2. cobalah soto betawi di Solo :)

    BalasHapus