Decoupage, Seni Menempel Tisu Yang Cantik

Decoupage tuh apaan sih? Karena sebelumnya Mae bergelut di bidang kaleng lukis, Pas lihat kaleng bermotif cantik kayak foto diatas itu, Mae kira itu dilukis juga, cuma dengan cat tertentu yang uapikk dan mihiill, hihihi.

Ternyata eh ternyata, Decoupage itu dari tisu! Iya tisu yang lembek lembut itu. Memang bukan tisu biasa kayak yang biasa kita pakai di toilet atau di meja makan itu sih. Tissue ini biasa disebut Servietten. Tisu dengan motif cantik ini sama rapuhnya dengan tisu biasa, tapi teksturnya lebih kasar.

tissu motif impor
Decoupage berasal dari bahasa Perancis, D├ęcouper, artinya memotong. Decoupage adalah seni menghias suatu objek dengan menempelkan kertas tissue ke objek tersebut. Kerajinan Decoupage ini sudah populer di mancanegara terutama di Eropa. 
talenan kayu decoupage
Eh, beneran? Itu tisu yang ditempel di kaleng atau media lain? Yah, klo kena air langsung ambyar dong! Hohoho, mungkin Sahabat Mae juga bertanya-tanya begitu yess. Tapi Mae dijelaskan sama Teh Sassa, suhu di bidang per-kalengan di Ngemplak, Boyolali, bagaimana proses pembuat kerajinan Decoupage ini. Mau Mae ceritain gaaaa :p


Setelah kaleng dibersihkan, lalu dilapisi lem khusus. Tempel tisu motif sesuai keinginan dengan hati-hati. Jangan sampai rusak ya! Asli, ini butuh tangan yang terampil. Setelah kering, lapisan tisu dilapisi cairan khusus. Nah, lapisan ini yang akan membuat Tisu tidak akan rusak walaupun terkena panas hujan badai sekalipun. Jadi produk kerajinan Decoupage itu awet dan tahan lama. Warnanya pun ngga mudah pudar seperti cintaku padamu yang tak lekang oleh waktu.


Selain unik dan eksklusif, memakai produk Decoupage juga fashionable. Kerajinan ini dapat diaplikasikan di tas, sepatu, topi, dompet, kaleng, toples, talenan, pigura foto, apaaa ajaaa suka-suka kita deh!

Cuma kan @Maenequeen memang fokus di media kaleng. Mudah-mudahan secepatnya bisa ekspansi ke Sepatu dan Tas Decoupage. Aamiinn.


Jadi gimana, Sahabat Mae tertarik? Kalau berminat untuk belajar Decoupage, bisa follow dan daftar di Instagram @Maenequeen. Biayanya cuma sekitar 150 ribu  sudah dapat materi dan alat praktek lengkap. Hasil kerajinanmu juga boleh dibawa pulang. Asyik, kan!

Ada juga paket pelatihan untuk kegiatan sekolah atau ibu-ibu PKK. Harganya terjangkau banget! Mulai dari 75 ribu per orang dengan minimal 20 peserta. Semua perlengkapan sudah disiapkan loo... tinggal berkarya aja pokoknya. Joss!

More info bisa whatsapp ke Maenequeen 085728292825


Jangan lupa bahagia ya :)





























8 komentar:

  1. Balasan
    1. beli tisu motif buat decoupage bisa online kak

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. widihh kalo dijual pasti mahal tuh gan
    kira kira mudah ga ya buatnya ?

    BalasHapus