Inilah Cara Pindah Faskes/Dokter BPJS Kesehatan Anda!


Masih ingat dengan postingan Mae tentang mengurus perpanjangan SIM
Yah, akhir-akhir ini Mae jadi tertantang untuk mencoba berbagai prosedural di berbagai lembaga. Mae mencoba zero-mind saat memasuki kantor-kantor untuk mengurus berbagai keperluan.


Beberapa waktu lalu Mae ke kantor BPJS Kesehatan Surakarta, yang beralamat di Jalan Kh Agus Salim, Sondakan, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. Sebagai karyawan swasta, sebenarnya masalah pendaftaran, iuran bulanan, dan keperluan lain sudah diurus bagian SDM perusahaan tempat Mae bernaung. Tapi kali ini Mae mau mengganti dokter gigi.

Fyi, saat mendaftar BPJS Kesehatan pertama kali, salah satu isian dalam formulir adalah memilih faskes 1 (dokter umum / puskesmas, dan dokter gigi). Nah, dulu Mae pernah ganti dokter umum karena dokter pertama itu galak, judes, dan diskriminatif. Trus dokter umum yang sekarang sangat baik hati, cerdas, dan akomodatif dengan kebutuhan pasien. Beberapa tahun hidup mae damai bahagia karena dokter umum dan dokter gigi yang Mae pilih sangat oke.

Lalu beberapa hari lalu Mae harus ke dokter gigi, tapi ternyata dokter gigi yang Mae pilih sudah tidak melayani peserta BPJS kesehatan. Nah loh, kok ga ada pemberitahuan. Yaudahlah akhirnya Mae meluncur ke kantor BPJS untuk mengubah dokter gigi, rekomendasi dari teman, dokter gigi di Assalam Medical Center Sukoharjo itu Joss.


Memasuki gedung pelayanan, kita disambut security ramah, bilang aja keperluan kita apa. Lalu ambil nomer antrian. Untuk pengajuan perubahan data, kita di minta mengisi formulir. Jadi yang kita isi di formulir itu data yang berubah saja.

Antrian tidak terlalu ramai. sekitar 10-15 orang, tapi pelayanan lumayan cepat. eh, satu jam antri tuh lama ya? Lalu saat tiba giliran Mae, ternyata kalau Mae mau dokter gigi di Assalam Medical center , maka dokter umumnya juga harus diganti di klinik yang sama. Yahh, Mae sayang sama dokter umum yang lama soalnya udah punya banyak rekam medik Mae dari jaman baru pindah di Solo. Secara kan dulu hampir tiap bulan ke dokter.

Akhirnya Mae memilih Klinik Gigi dan Mulut Mecadita Danukusuman, Solo. Waktu itu ga ngerti lokasinya dimana dan pelayanannya gimana. Cuzz... tik tik tik tik.. voila! cuma 1-2 menit si mbak BPJS bilang, "sudah selesai diubah, mbak. Hari ini sudah bisa langsung ke dokter gigi yang baru" Beberapa detik Mae bengong. It's so simple!

Mbak yang melayani Mae :)
Beberapa hari kemudian, Mae mulai cari info tentang klinik gigi yang Mae pilih. Mae googling Mecadita Solo. Ternyata ada yang di Danukusuman dan ada yang di Punggawan. Mae telpon yang di Punggawan, karena lokasinya lebih dekat. Ternyata bisa juga dipakai disana. Melalui telpon Mae dapat jadwal dokter yang perempuan.

Cuzz Mae ke Klinik Gigi dan Mulut Mecadita Jl. dr. Soepomo, Punggawan. Ketemu dokter gigi Surya. Ini cewek loo.. RAMAH! cocoklah Mae sama dokter ini. Kita menjadwalkan bulan depan perawatan lagi. Jadi, kalau perawatan pakai BPJS Kesehatan itu cuma boleh satu kali setiap bulannya, kecuali kalau sakit.

Gimana? Apakah kisah Mae ini bisa memberikan gambaran untuk sahabat Mae? Soalnya Mae lihat banyak sekali sahabat yang tidak mengerti cara menggunakan BPJS Kesehatan. Banyak teman yang kalau sakit ya ngga pakai BPJS. Kan sayang tow iurannya udah dibayar rutin tapi tidak dimanfaatkan :)

Jangan lupa bahagia ya!

Kalau gigimu sehat, makanan enak menunggumu. Ini beberapa diantaranya :

5 Kuliner di Solo - Video by. Maya nirmala Sari

1. Wedhang Poci Rempah Yang Hangat dan Bermanfaat



17 komentar:

  1. Wah kak mae, kok harus bolak balik kantor BPJS ya? Aku kebetulan dokter gigi aja tapi dipuskesmas deket rumah tapi enggak usah bolak-balik kantor BPJSnya kak. Biarpun enggak sakit sih aku tetep kesana, bersihin karang gigi. Sayang-sayang soalnya udah bayar iuran enggak digunakan.

    Jangan lupa main ke lalalatifah.blogspot.co.id ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini bolak-balik mulu... cari dokter yang ganteng, hahaha

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. kalau aku dulu urus kartu BPJS di kampung halaman tapi pilih faskes di Jakarta karena kebanyakan memang stay di Jakarta, pas banget beberapa hari ini baru pakai jasa BPJS nya.
    Faskes I di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru, pelayanan ramah dan cepat, namun karena aku perlu periksa saraf jadi dirujuklah ke RS Setia Mitra.
    Nah, di RS Setia Mitra tuh kita harus bikin jadwal pertemuan dulu dengan dokter ybs, bisa via telpon / datang langsung.
    Namun, di RS Setia Mitra belum melayani scan neurologi, jadilah dirujuk ke RSUP Fatmawati.
    Semua pemeriksaan dan obat-obatan yang kuterima FREE, namun untuk kasus-kasus pemeriksaan / penyakit tertentu, harus mengikuti prosedural rujukan-rujukan itu :D
    Inilah keuntungan dan kekurangan penggunaan BPJS :p

    Boleh juga ya BW ke cvlturetraveler.com :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. siipp.. Kak Wulan ceritanya lengkap!

      Hapus
  4. wah cepat sekali ya, aku harus ngomng anakku yang juga mau ganti faskesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. prosesnya gampang banget, kak :)

      Hapus
  5. Baru2 ini mau ganti bpjs dan berganti jadi asuransi biasa, ada beberapa tempat yg ga dicover bpjs :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengguna bpjs klo sesuai dengan kasus free ko der.. contoh d tmpat ane kerja klo emang kasusnya bener2 sesui pasti free..

      Hapus
    2. Pengguna bpjs klo sesuai dengan kasus free ko der.. contoh d tmpat ane kerja klo emang kasusnya bener2 sesui pasti free..

      Hapus
    3. iya tempat rujukannya sudah ditentukan, jadi ga bisa pilih RS yang lebih bagus.

      Hapus
  6. Mae ko jauh beah sampe surakarta... tau gtu kmaren aku mampir ke mae

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mae emang tinggalnya di Solo dan sekitarnya, kak :)

      Hapus
  7. Aku belum pernah nyobain pake bpjs, tapi info ini berguna banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersyukur ga pernah nyobain, kak. Artinya : selalu sehat!

      Hapus
  8. Kak mae..boleh tau Dokter umum nya namanya siapa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faskes I Mae sekarang dr. Surya Darmawan. Di kliniknya ada beberapa dokter. semuanya Mae cocok. Baik-baik semua.

      Hapus