Kumpulnya Citizen Journalist Nusantara Di NET CJ CAMP 2.0



Yuk, Mae lanjutkan nih cerita tentang CJ atau Citizen Journalist. Daftarnya masih panjaaanggg...

1. Apa Itu Citizen Journalist dan Bagaimana Caranya Menjadi Citizen Journalist
2. Perjalanan Mae Menjadi Citizen Journalist
3. Suka duka menjadi citizen journalist
4. Teknik merekam peristiwa dan pengetikan naskah untuk televisi
5. Step by Step Mengirimkan Video ke NET
6. Keseruan CJ Nusantara di NETCJ CAMP 2.0




Alkisah, pada bulan November 2015... Ada yang heboh di www.netcj.co.id. Para CJ berduyun-duyun mengirimkan video dengan tema #MyBestMoment. 40 orang yang terdiri dari para nominator "Best CJ of The Year", "Best Video of the year", dan "Video Favorit My Best Moment" diundang NET dalam Gathering CJ Seluruh Indonesia  NET CJ CAMP 2.0 di D'Jungle Private Camp, Puncak Cisarua, Bogor.

Dari Solo, Mae berangkat naik KA. Jaka tingkir hari kamis malam bareng Kak Is, Eko, Mustika Aji, Gigih, dan Moniqa. Sampai di Stasiun senen jam 2 dini hari dan sudah ditunggu tim penjemput dari NET. Subuh-subuh kami meluncur ke Lingkar Mega Kuningan, Jakarta. Tepatnya Gedung The East. Menjelang pagi, teman-teman CJ dari daerah lain mulai berdatangan. Kami pun tidur lagi  sholat, mandi, olahraga, dan beberapa teman menyusul ke Fave hotel, tempat CJ luar jawa seperti Kak Rudy Hartono, Nedi Panjaitan, Etri Hayati, dan CJ lain menginap.

Setelah genap 40 orang berkumpul di kantor NET, kami mulai rangkaian acara. Kami dikumpulkan diruang meeting utama NET untuk sesi perkenalan dan pembukaan oleh pimpinan redaksi NET. Lalu kami diajak office tour, melihat bagaimana kru NET bekerja, bagaimana proses mengolah berita sampai siap tayang, dan melihat langsung proses syuting.

Setelah Sholat Jumat, kami meluncur ke Camping ground yang telah disediakan di Bogor. Selamat Liburaaaaannnn!!!



Camping yang ini nggak kayak camping Mae biasanya yang pakai tenda dome dan apa-apa mandiri. Mae menyebut camping sama NET ini adalah camping cantik. hihihi, sesuai sih sama peserta-pesertanya. Boboknya di kamar-kamar dengan bilik bambu dengan kapasitas 8 orang. Kamar mandinya terjamin ngga kayak di bumi perkemahan sekipan apa cibubur yang jorok  ada air panasnya dan jumlahnya puluhan. Ga perlu antri klo mau ke toilet :p

Mau makan juga ya tinggal makan aja ga usah mikir mau beli dimana atau masak apa. Prasmanan cuyy dengan jumlah yang melimpah... Pas ada acara api unggun juga udah disiapin sama EO-nya. Peserta tetap cantik lah pokoknya :D

Acara dilanjutkan dengan sharing session di gazebo besar, sejenis aula gitu lah. Di sini ada perkenalan lagii.. biar tambah akrab. Lalu ada curhat berjamaah dan materi dari Kak Dewi Laila Sari. By the way, selain jatuh cinta pada pandangan pertama sama Kak Thomas, Fix, Mae juga langsung jatuh cinta sama Kak Dewi. Kak Dewi tuh kereeeennn! Gaya bicaranya, tata bahasanya, gesture, semuanyaaaa.... keliatan cerdas! *amati, tiru, modifikasi... suatu saat Mae akan seperti Kak Dewi!



Kesokan harinya, sabtu pagi diawali dengan olahraga bersama. Lanjut sarapan dan... jreng jreng... Outbond! Aaarrgghhh.... Seru Gila! Games seharian.. nyebur-nyebur rawa, lari-lari ditimpukin bola, merayap ala militer, masih lanjut flying fox, masih lanjut bikin konstruksi dan strategi apalah-apalah... buanyaakkk banget games-nya. kerenlah udah. Keabisan kata-kata.



Saat kita outbond langsung ada live report dari reporter NET12. Mae lihat tuh gimana ribetnya kru NET bawa-bawa parabola, apa sih namanya, hahaha...


Lelah bahagia disiksa outbond, mandi-lah dengan air hangat. nyess... lanjut sharing session lagi. Ada materi teknik pengambilan gambar dan cara membuat naskah. Ada Kak Produser yang keren-keren Kak Adriyan, Kak Dasnita, Kak Kirin, dan Kak Thomas. Tapi yang paling keren tetap Kak Thomas :p *aduh, klo Kak Adriyan baca ini nanti videoku diblacklist ga yaa... ampuunnn kakkk, haahahaa :D

Disini ada kisah tentang Kak soleh sebagai CJ yang inspiratif. Kak Soleh ini CJ yang profesinya penjual nasi goreng dengan pendidikan terakhir ngga tinggi. Tapi semangatnya luar biasa. Perhatiannya sebagai warga patut diapresiasi. Di tengah keterbatasannya dalam mengolah berita, Kak Sholeh terus berkarya menghasilkan video-video berkualitas. Banyak videonya berisi fasilitas publik di Kota Bogor dan ditanggapi langsung oleh Walikota Bogor, Kak Bima arya. *salim Kak Soleh*

Malam minggu, panggung sudah disiapkan. MEGAH. Sangat-sangat diluar ekspektasi Mae. Udah beberapa kali sih ikut acara-acara gathering, dan ini yang paling megah panggungnya! Berlebihan gak sih, itu panggung dan lighting yang pasti lebih bagus lah sama panggung-panggung orang hajatan, hehehe... Mungkin standar acara televisi yaa dekorasinya niat banget, ga asal-asalan. 

Awarding night dimulai dengan Lipsing Battle. Kelompok Mae menang juara pertama dooonggg... Demi sebuah ide, Mae mengorbankan teman-teman cowok di grup *ketawa setan*. Semuanya didandanin pakai dress dari sarung, pakai lipstik, pipi di merahin, hahaha. joged-joged lagu sambalado ayu tingting. Menang dapat hadiah power bank sama tongsis, hihihi...

Lalu acara inti malam penganugerahan ini menobatkan Kak Roedy ulat bulu ehh Rudy Hartono sebagai Best CJ of The Year. Video Kak Dedy Silaban sebagai Best Video of The Year. Untuk Mae sendiri dan Aji dapat hadiah uang tunai beberapa juta untuk video favorit My Best Moment. Alhamdulillah banget, lumayan fotonya bisa dijadiin foto profile yang prestise, wwkkkwkk. 




Malam belum berakhir. Api unggun dinyalakan. Syahdu. Nangis-nangis bareng. Kak Rudy dan Kak Sholeh peluk-pelukan, ahaha... mereka juga saling jatuh cinta. Nge-fans satu sama lain. Lalu lampion-lampion diterbangkan. Aarrggghh... CJ Nusantara yang baca ini jangan malah pada baper yaa... pasti kangen banget ma malam ini.



Ada pertemuan ada perpisahan. Minggu pagi kami harus bersiap-siap kembali ke Jakarta dan kembali ke kota masing-masing. Terimakasih tak terhingga untuk PT NETMEDIATHAMA yang sudah sangat serius mengelola para CJ. Kami sangat merasa "di-uwong-kan". kru NET yang lainnya pun --yang tidak dapat disebutkan satu-persatu-- semuanya sangat ramah. Persahabatan sesama CJ dan kru NET sangat kental sekali. Kami semua tinggal terpisah pulau-pulau se-Indonesia bahkan dunia, tapi kami tetap keep in touch. "terimakasih untuk yang menemukan internet." Persaudaraan kami sangat erat.


Sampai jumpa di NET CJ CAMP 3.0 tahun 2016!

Jangan lupa bahagia yaa... :)

Baca juga :)

4 komentar:

  1. Ahh.. mewek deh akhirnya..gatahan.. saat ulat bulu dinobatkan sbg cj of the year tahun itu..menangis bahagia diriku.. meski g keliatan sama yg lain karna suasana kala itu gelap..syukur g ketahuan pas nangis. Kkkkk..

    BalasHapus
  2. Wah, nangis yaa ternyata... tahun depan klo kamu yang dapat anugerah itu aku ikutan nangis deh :D

    BalasHapus