Apa Itu Citizen Journalist dan Bagaimana Caranya Menjadi Citizen Journalist


Kali ini Mae akan berbagi kisah tentang cerita cinta yang deritanya tiada akhir, eh bukan, tetapi tentang CITIZEN JOURNALIST atau CJ. Rencananya sih akan dibuat berseri dan selengkap mungkin, nih listnya :

Akhir-akhir ini Mae sering mendapatkan pertanyaan dari teman-teman, beranekaragam sih pertanyaannya. Ternyata banyak yang penasaran juga dan mungkin ada keinginan untuk menjadi CJ.
Pasti Sahabat mae sering dengar kan tentang Citizen Journalist atau CJ? Buat yang kenal Mae, atau sering stalking sosmed Mae :p  pasti tau deh kalau dalam dua tahun ini Mae aktif ceritanya  menjadi Citizen Journalist di beberapa media.

By the way, tulisan ini cuma berdasarkan pemahaman dan pengalaman Mae yaa.. Jadi mungkin ga akan berat kayak tesis atau apalah yang penelitiannya mendalam. Harap maklum klo misal ada banyak yang ga oke. *sungkem dulu*


CJ atau Citizen Journalist bisa disebut juga dengan jurnalis warga, adalah warga biasa (siapa aja boleh!) yang melakukan aktifitas penyampaian berita ala jurnalis atau wartawan. Semua warga, tentu boleh saja untuk melakukan aktifitas pengumpulan data, gambar, lalu menyampaikannya di media yang dikehendaki. Nah, tentu semua aktifitas tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan dan melalui cara yang tidak melanggar Norma. Etika tetap harus dipakai saat menjadi apapun kamu :)

Berbeda dengan Jurnalis, CJ tidak terikat dengan sebuah media tertentu. CJ bergerak independen dan bebas memilih media mana yang akan digunakan. CJ juga tidak boleh ngaku-ngaku dari media tertentu untuk mendapatkan kemudahan dalam mengumpulkan informasi.

Lalu, bagaimana caranya menjadi Citizen Journalist?

Serius, kebanyakan kamu sebenarnya sudah menjadi CJ dan ga sadar :p
Karena, seperti yang Mae bilang di atas, CJ bebas memilih media apapun. Media yang Mae maksud itu mencakup sosial media kayak facebook, twitter, instagram, blog, youtube, dan banyaaaaakkkkk banget! jadi, sering kan Sahabat Mae lihat teman upload foto kecelakaan trus captionnya, "kecelakaan di sini antara ini dengan ini...". Nah! Itulah Citizen Journalism!

Konten yang ingin disampaikan bisa berbagai macam. Bisa hard news dan soft news. Suka suka kamu aja itu mah :)

"Aaakkk... Maeee.. yang kami tanyakan itu bukan yang kayak gituu.. kami mau tau kenapa kamu bisa kirim video ke TV dan kenapa kamu bisa dapat penghasilan lumayan dari situuu...."

Iya, iyaaa.. sabar dulu :p
Mae harus meluruskan dulu tentang opini masyarakat tentang CJ. Bahwa CJ itu pengertiannya luaasss.. Lanjut ga nih? Lanjut ga???

Kamu upload info di sosmed pribadimu ga dapat honor? trus salah gue? trus kamu nyesel? merasa rugi? Nah, itu menunjukan kamu ga layak menjadi citizen journalist. *BYE*

Beneran. Sejarah hadirnya CJ puluhan tahun lalu itu berdasarkan semangat berbagi informasi. Kita bukan mengejar materi. Kita ngga pengen tenar kok (narsis dikit tapi boleh lah). Misi kita adalah untuk menebar manfaat, kalau memang berita yang kita sampaikan bisa membuat dunia lebih baik, kenapa kita pelit untuk berbagi? iya ga sih? *bilang iya! asah golok :p

Masalah honor dari aktifitas CJ, berarti ini sudah berkaitan antara CJ dan media bersangkutan. Sosmedmu ga memberikan honor? Ya, makanya kamu gampang banget kan untuk bisa mempublikasi di sosmed? kamu mo nulis curhat, baper, patah hati (itu mah gue dink) atau apapun selama masih di rules ya lancar-lancar aja. Upload video di youtube? susah dapat duitnya? Ya mungkin videomu ga menarik. gitu aja sih. Kirim ke NETCJ.CO.ID tapi ga tayang di TV? Ya kali belum rejeki *dududuu* mawas dirilah video yang kita kirim seperti apa, sudah layak atau belum, dll. Tips n Trik kirim video ke NET akan ditulis pada postingan lain yaa..

Kembali lagi ke pertanyaan, BAGAIMANA CARA MENJADI CITIZEN JOURNALIST?

Buka matamu. Pasang telingamu. Asah intuisimu. Peka terhadap keadaan di sekelilingmu. Jangan lupa untuk tetap pegang teguh kejujuranmu ^_^

Jika kamu sudah mendapatkan materi untuk disampaikan, baik berupa foto, video, maupun tulisan. Tentukan media apa yang akan kamu gunakan untuk menjadikannya lebih bermanfaat.

Kamu bisa gunakan blog pribadimu, blogdetik, kompasiana. Kamu bisa gunakan sosial media. Kamu bisa gunakan youtube. Kamu bisa kirim ke koran lokal. Kamu bisa telp 0271739387 www.solopposfm.com . Kamu bisa upload videomu di www.netcj.co.id Dan masih sangat banyak media yang dengan senang hati akan menerima karyamu. *tapi masalah tayang atau tidak, itu biarlah menjadi hak redaksi masing-masing*

Nah, kira-kira begitu gambarannya. Gimana? Masih tertarik untuk jadi CJ?

Jangan lupa bahagia yaa :)

Baca juga :)

13 komentar: